Shaum Arafah 9 Dzulhijjah & Keutamaannya

SHAUM  Arafah adalah shaum yang dilaksanakan pada tanggal sembilan Dzulhijjah. Disebut shaum Arafah karena orang-orang yang melaksanakan ibadah haji sedang melaksanakan puncak ibadah haji yaitu wuquf di Arafah.
Karena itu shaum Arafah disunahkan untuk orang-orang yang tidak melaksanakan ibadah haji, sementara orang-orang yang sedang melaksanakan haji (wuquf di Arafah) dilarang melaksanakan shaum sunnah Arafah.
Perhatikan keterangan berikut. “Rasulullah saw. ditanya tentang shaum hari Arafah, beliau menjawab, ‘Dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan yang tersisa,” (HR. Muslim).
Abu Hurairah ra. berkata; “Rasulullah saw. melarang shaum Arafah bagi mereka yang sedang berada di Arafah (sedang haji),” (HR. Abu Daud dan An-Nasai).
Kesimpulannya, shaum sunah adalah shaum yang kalau dilaksanakan mendapatkan pahala dan kalau ditinggalkan tidak mendapat sanksi (dosa).
Shaum sunah merupakan sarana taqarrub (pendekatan) diri kepada Allah swt. Ada beberapa shaum sunah yang dicontohkan Rasulullah yaitu: shaum senin-kamis, shaum enam hari pada bulan Syawal, shaum 9-10 Muharram, shaum daud, shaum pada bulan sya’ban, shaum tiga hari setiap bulan hijriah dan shaum Arafah.
Share this article :